Sunday, September 7, 2014

Cara pasang dan penggunaan ADB


Pada postingan kali ini DaDroidRd bakal berbagi cara memasang dan memakai ADB, sebelum masuk kedalam pokok permasalahan alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui apakah itu sebenarnya dari ADB tersebut.

ADB atau Android Debug Bridge adalah sebuah tipe command-line yang manjadi satu kesatuan dari android SDK, fungsinya berbagai macam tentunya, mulai dari kegiatan copy-paste hingga mengecek error yang terjadi di device kalian.

Untuk cara pemasangannya kalian diharuskan mendownload JDK (Java Development Kit)  terlebih dahulu kalau tidak punya silahkan download JDK nya DISINI. Selain JDK kalian juga diharuskan memasang SDK , bisa di download DISINI SDKnya.

Nah setelah alat tempurnya siap semua, maka ADB kalian sudah siap digunakan dan bagaimana cara menggunakan dari ADB ini adalah sebagai berikut :

1.download dulu File direktory adb ini bisa download DISINI (support windows,linux dan mac)

2.setelah itu extract file yang di download tadi kemudian copy kan file yang di extract tadi , disini DaDroidRd meng-copy kan direktory itu kedalam ( C:\Users\Users )

3.kemudian untuk mengaktifkan ADB nya , silahkan kalian buka Command prompt kalian dan ketikan ADB DEVICES


4.setelah device kalian tersambung dengan ADB kalian bisa menggunakan berbagai perintah seperti contohnya jika ingin menginstall apk melalui ADB, kalian bisa mengetikan perintah ini di command line kalian adb install C:\package.apk dan untuk Unistall nya adalah sebagai berikut adb uninstall package.name

Nah, dengan ini toturial ADB nya sudah selesai dan kalian juga bisa melakukan perintah lain di ABD dengan mengikuti beberapa perintah di bawah ini.

adb pull /sdcard/file C:\file -  Pulls a file from your device to your computer – works like adb push, but in reverse.
adb logcat - View your Android device’s log. Can be useful for debugging apps.
adb shell - Gives you an interactive Linux command-line shell on your device.
adb shell - command – Runs the specified shell command on your device.


Semoga berhasil

No comments:

Post a Comment