Tuesday, March 5, 2013

Hal-Hal Yang Harus dipersiapkan sebelum menggunakan Handset Android (ponsel/tablet)

Anda pengguna baru android, masih buta tentang android, ada baiknya anda mempersiapkan beberapa hal-hal berikut sebelum mendalami lebih jauh dalam menggunakan android baik ponsel ataupun tablet.


1. Internet
Internet adalah hal yang mutlak agar semua urusan data di android lancar. Karena hal yang pertama kali ketika membuka android adalah membuat email. Yang tentunya butuh data internet.

Beberapa rekomendasi ISP internet yang pernah dicoba untuk android: smarfren (cdma), indosat & axis (gsm), ke 3 isp tersebut memiliki layanan data unlimited, walau terkena fup quota, hanya kecepatan yang diturunkan, tetapi untuk ukuran ponsel/tablet sudah lebih dari cukup.

2. Membuat akun email
Untuk memulai menggunakan android, dan karena android merupakan produk google, tentunya anda harus membuat akun gmail untuk android ini. Berikut langkah-langkahnya untuk membuat akun email baru. (di ponsel/tablet android).


1.Buka setelan/settings
2. Tambahkan Account.
3. Pilih Google
4. Buat Baru
Selanjutnya ikuti saja petunjuk yang ada, isikan nama, dan nama email yang diinginkan, serta password yang dikehendaki. Pastikan jaringan internet anda hidup. Jika sudah maka anda otomatis akan bisa menggunakan aplikasi dari google, seperti Google Talk, Google Play Store (Market), Gmail (untuk email), Google +, dan aplikasi dari google lainnya.

3. Cara menelpon, menerima telepon, dan memutus sambungan telepon
Sama seperti pada umumnya, hanya saja Anda jangan kaget kalau pas ada telepon, handset anda ditempel dikuping tiba-tiba layar mati, karena memang seperti itu, itu namanya proximity sensor. Biasanya disebelah kiri atas tergantung jenis hpnya. Untuk menutup telepon, pastikan proximity sensor tidak tertutup. Agar layar kembali muncul.

4. Mengganti Bahasa 
Untuk mengganti bahasa, jika anda lupa anda bisa menggantinya di pengaturan /setelan/settings. -> "Language & Input"



5. Mengatur penggunaan data
Jika anda menggunakan layanan internet data, ada baiknya anda mengatur setelan data sesuai dengan paket yang anda pilih, jadi sekiranya penggunaan data sudah hampir habis ada warning dari ponselnya. Anda bisa set di Penggunaan data di menu setelan/pengaturan.


Untuk garis kuning untuk warning, cukup geser-geser saja sesuai data paket langganan anda.

6. Memulai Play Store
Secara default, play store akan melakukan update otomatis, jadi jika anda mengalami loading yang lama pada saat menginstall aplikasi android, itu tandanya play store sedang update tunggu saja kurang lebih 5-10 menit tergantung koneksi internet, keluar play store dan masuk lagi. (umumnya handset keluaran lawas). Jika sudah selanjutnya anda bisa menginstall aplikasi yang anda butuhkan.

Saya rasa itu saja hal yang paling mendasar yang perlu dilakukan dan diketahui pada saat pertama kali memulai android.

Semoga berguna.

No comments:

Post a Comment